loading...

Lima Bahaya yang Bisa Timbul Karena Penggunaan Toilet Duduk

bahaya toilet duduk
Perbandingan toilet jongkok dan toilet duduk

Di Indonesia sendiri sebenarnya mayoritas penduduknya lebih banyak menggunakan toilet jongkok. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, sekarang ini penggunaan toilet jongkok sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan toilet duduk. Padahal, penggunaan toilet duduk itu sebenarnya dapat mempengaruhi proses alami pembuangan kotoran sehingga lama kelamaan akan memicu terjadinya sembelit.


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter bernama Dov Sikirov menjelaskan bahwa ketika seseorang duduk, otot tidak akan mampu lagi mempertahankan kontinuitas untuk mengeluarkan kotoran. Di samping itu, tubuh juga sudah tidak akan bisa lagi untuk memberikan tekanan yang lebih pada saat mengeluarkan kotoran.

Akibat yang ditimbulkan dari penggunaan toilet duduk tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Berikut ini merupakan beberapa bahaya penggunaan toilet duduk yang harus Anda ketahui.

1. Infeksi saluran kemih
Ketika seseorang buang air besar, biasanya tidak hanya kotoran saja yang harus dikeluarkan melainkan air kencing juga akan turut keluar. Pada saat seseorang kencing dengan cara jongkok, hal ini akan membuat kandung kemih benar-benar dalam kondisi yang kosong dan ini tentu saja bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

2. Sembelit
Ketika kamu buang air besar dengan posisi duduk, hal itu akan membuat kotoran tidak dapat keluar secara maksimal. Bila hal ini terus dibiarkan dan menjadi kebiasaan, kotoran yang masih tersimpan akan bertumpuk sehingga mengakibatkan tinja menjadi keras dan pada akhirnya hal itu akan membuatmu sembelit.

3. Penyakit usus
Selain sembelit, kotoran yang tidak dikeluarkan secara maksimal akan mengalami penumpukan dibagian usus. Bila hal ini terus dibiarkan, tubuh kamu tidak akan mampu lagi untuk menyerap nutrisi dengan baik. Seiring berjalannya waktu kesehatan tubuh kamu akan terus menurun dan akhirnya bisa jatuh sakit.

4. Hemoroid
Hemoroid adalah salah satu kondisi dimana otot anal mengalami peradangan dikarenakan tegang dan mendorong terlalu keras. Sehingga hal ini akan membuat vena menjadi bengkak bahkan bisa juga sampai mengalami pendarahan.

5. Gangguan panggul
Ketika berjongkok, kamu sebenarnya telah melakukan perlindungan terhadap saraf panggul. Sedangkan ketika duduk akan terjadi sejumlah besar tekanan di usus besar yang malah akan memberikan dampak buruk terhadap panggul.

Itulah bahaya penggunaan toilet duduk yang mesti Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi seperti ini setidaknya Anda dapat mencegah dan memilih jenis toilet yang benar-benar nyaman sekaligus baik untuk kesehatan Anda. (teenzi/kabarpapua.net)

0 Response to "Lima Bahaya yang Bisa Timbul Karena Penggunaan Toilet Duduk"

Post a Comment