loading...

Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

Tanaman obat keluarga atau kita biasa mengenalnya dengan sebutan TOGA adalah tanaman yang berfungsi sebagai obat yang biasanya di tanam di pekarangan atau halaman rumah. Tanaman ini biasanya dimanfaakan oleh orang – orang sebagai obat tradisional. Selain harganya yang murah, tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita. Berbeda dengan obat – obatan kimia yang terkadang menimbulkan efek samping bagi kesehatan, bahkan tak jarang obat – obatan kimia ini malah bisa menimbulkan penyakit atau bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Pemakain tanaman obat ini sudah mulai dilakukan oleh nenek moyang kita sejak ratusan tahun silam. Kita tahu bahwa zaman dahulu masih belum ada obat – obatan kimia seperti pada zaman sekarang ini. Dahulu ketika orang sakit, mereka menggunakan tanaman obat. Dan hal ini terbukti bahwa umur orang pada zaman dahulu jauh lebih panjang dari umur orang di jaman sekarang ini. Karena orang jaman dahulu tidak mengkonsumsi bahan – bahan kimia yang terkandung dalam obat – obatan kimia. Itulah mengapa Tanaman obat lebih sehat dari pada obat – obatan kimia.

Indonesia terkenal mempunyai ribuan jenis tanaman obat. Adapun beberapa jenis tanaman obat yang ada di Indonesia adalah :

  • Seledri


Siapa yang tak tahu tanaman yang satu ini. Orang biasanya mengenal tanaman yang satu ini sebagai penyedap masakan. Tapi jangan salah, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami. seledri mengandung berbagai macam vitamin, antara lain vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, mineral, kalium, dan juga zat besi.
Seledri diperkaya berkhasiat sebagai penambah nafsu makan. Selain itu tanaman ini berkhasiat sebagai obat dari penyakit darah tinggi, mencegah penyakit kanker, dan dijadikan sebagai obat penenang syaraf atau menghilangkan stress. Selain itu seledri juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah. Karena seledri ini bisa mencegah kerutan pada wajah. Caranya cukup mudah, anda cukup  menghaluskan seledri dengan sedikit air, kemudian membalurkan pada wajah anda.
  • Belimbing wuluh


Tanaman yang satu ini berbeda dengan belimbing yang kita makan biasanya. Bentuknya lebih kecil dan bergerombol banyak. Belimbing wuluh ini selain bisa dipakai sebagai sayur, juga mempunyai khasiat untk beberapa penyakit. Antara lain untuk obat penyakit diabetes, sakit gigi, sariawan. Belimbing wuluh ini juga amuh untuk menyembuhkan asma dan batuk, serta bisa mengencerkan dahak. Selain itu, belombing wuluh ini bisa digunakan untuk mengobati jerawat.
  • Bayam Duri


Tanaman ini biasanya tumbuh liar di pekarangan. Tanaman obat yang satu ini berbeda dengan bayam yang kita masak biasanya. Tanaman ini memiliki banyak duri di batangnya. Hal inilah yang membuat orang menganggap tanaman ini tidak berfungsi apapun. Tanaman obat ini berfungsi sebagai prnawar racun dari bisa ular. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan sebagai pelancar keluarnya ASI. Tanaman obat ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit bisul dan kutil. Untuk memperlancar ASI anda cukup menghaluskan beberapa helai daun bayam duri dan sedikit air, kemudian balurkan disekitar payudara anda.

  • Kangkung


Orang mengenal kangkung sebagai sayuran, namun jangan salah, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat. Tanaman obat yang satu ini berkhasiat sebagai obat dari sariawan dan gusin berdarah, karena tanaman ini banyak mengandung vitamin C. Kangkung juga banyak mengandung.
  • Daun Pacar Cina


Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun. Tanaman ini banyak terdapat di pulau Jawa. Tanaman ini bermanfaat untuk obat batuk, bisul, ataupun perut kembung. Daun pacar cina yang dikeringkan bisa juga digunakan untuk menambah aroma teh.

  • Lidah Buaya


Tanaman obat yang satu ini biasanya di tanam orang di pekarangan. Tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan rambut, anda cukup mengoleskan lidah buaya ini ke rambut anda, untuk mendapatkan rambut yang lebat. Selain itu lidah buaya juga bisa untuk mengobati jerawat, diabetes, sembelit, radang tenggorokan dan beberapa penyakit lainnya.

  • Temu Lawak


Temu lawak merupakan salah satu rempah – rempah yang tumbuh di Indonesia. Temu lawak berkhasiat untuk menyembuhkan  berbagai macam penyakit, contohnya sebagai obat masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.
  • Daun Beluntas


Tanaman ini biasanya juga dimanfaatkan orang sebagai sayur. Namun ternyata tanaman ini juga bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit, antara lain pegal linu, rematik, nyeri pinggang, keputihan, perut kembung, serta dapat menurunkan panas. Selain itu daun beluntasjuga ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengkonsumsi daun beluntas secara rutin, maka anada akan terbebas dari bau badan.

  • Sambiloto


Tanaman ini biasanya dimanfaatkan orang untuk obat penurun panas, sakit perut, perut kembung. Tanaman ini juga dipercyaa bisa mnyembuhkan kencing manis dan diabetes. Anda cukup merebus daun sambiloto ini kemudia meminumnya untuk mengobati penyakit diabetes.

  • Daun Cincau


Daun ini biasanya dimanfaatkan orang untuk bahan baku membuat cincau. Ada dua jenis. Daun cincau hitam dan cincau hijau. Selain enak dimakan ternyata daun ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit diabetes, demam, dan tipes.

  • Akar Alang – Alang

Mungkin kita sudah sering mendengar tanaman ini. Tanaman ini biasanya tumbuh di pekarangan atau dikebun. Petani menganggap tanaman sebagai gulma di tanaman mereka. Namun jangan salah, ternyata tanaman ini juga ampuh menyembuhkan penyakit keputihan, panas dalam, dan kencing batu.
  • Alpukat


Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini. Selain rasa buahnya yang lezat alpukat juga mengandung banyak vitamin. Alpukat ternyata mempunyai banyak keampuhan, seperti dapat mencegah kanker, obt dari penyakit diabetes, serta dapat menurunkan kolestrol.

  • Daun Tempuyung


Tanaman ini biasa tumbh di alam liar. Kini, tanaman obat yang satu ini sudah digunakan pabrik – pabrik besar sebagai bahan dasar obat. Daun tempuyung memang terasa pahit, namun mempunyai banyak manfaat. Manfaat dari daun tempuyung ini, antara lain sebagai obat dari bisul, kencing batu,  asam urat, wasir dan juga darah tinggi.
  • Ciplukan


Tanaman obat yang satu ini sangat familiar ditelinga kita, tanaman obat ini mempunyai buah yang enak rasanya dan disukai oleh anak – anak. Ciplukan biasanya tumbuh di area persawahan. Tanaman obat ini ampuh menyembuhkan penyakit kanker paru – paru, asma, radang tenggorokan, dan beberapa penyakit lainnya.

  • Brutowali


Tanaman obat yang satu ini rasanya pahit. Namun dibalik rasanya yang pahit, ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain brutowali bisa menyembuhkan penyakit malaria, kencing manis, rematik, serta bisa digunakan untuk mengobati luka.

  • Daun Benalu


Kita mengenal benalu sebagai parasit pada tanaman lainnya. Namun jangan salah, ternyata benalu juga termsuk tanaman obat. Tanaman ini berkhasiat menyembuhkan penyakit tumor, amandel, kencing yang tidak lancer, dan juga gangguan usus.

  • Biji Mahoni


Tanaman ini banyak sekali tumbuh di pulau Jawa. Selain kayunya yang bermanfaat sebagai bahan baku mebel. Biji dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Tanaman obat ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit rematik, masuk angina, juga bisa menambah nafsu makan.


  • Daun Jinten


Tanaman obat yang satu ini biasa tumbuh liar di pekarangan atau di kebun. Dau jinten dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ayan, rematik, serta juga dapat menjaga kestabilan metabolism tubuh.

  • Cempaka Putih


Orang biasa mengenal tanaman ini dengan sebutan kantil. Tanaaman ini mempunyai bunga yang sangat harum baunya. Tak heran jika biasa digunakan untuk upacara adat atau acara pernikahan. Tanaman obat ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau badan. Selain itu tanaman obat ini juga bisa menyembuhkan penyakit keputihan, batuk, dan juga perut kembung.

  • Daun Andong


Tanaman obat yang satu ini mempunyai daun yang cantik. Selain warnanya yang cantik, tanaman juga bisa digunakan sebagi obat untuk penyakit diare, nyeri haid, wasir, dan juga radang gusi.

  • Daun Bakung


Tanaman obat yang satu ini mempunyai daun yang memanjang dan bunganya berwarna putih. Daunnya yang memanjang serta runcing pada bagian ujungnya. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk luka. Anda hanya cukup menumbuk atau menghaluskan daun ini lalu kemudian mengoleskan pada bagian luka yang sakit.
  • Daun Bunga Santan


Tanaman obat bunga santan ini biasa ditemukan pekarangan atau kebun. Tanaman ini biasanya merambat pada pagar dan bunganya berwarna ungu. Khasiat dari tanaman ini bisa mengobati jerawat, bisul, dan juga sakit mata.
  • Daun Duduk


Tanaman obat yang satu ini tumbuh perdu di pekarangan atau kebun. Dan menjalar di pagar biasanya, daunnya runcing pada ujungnya dan berbentuk lonjong.tanaman ini bisanya berwarna hijau tua atau lonjong. Tanaman obat ini berkhasiat untuk mengobati sakit encok dan wasir.

  • Kumis Kucing


Mungkin tanaman yang satu ini sudah taka sing lagi bagi kita. Tanaman obat ini banyak kita temukan di sekeliling kita. Kumis kucing berkhasiat untuk mengobati sakit kencing batu, rematik, batuk, diabetes, dan masuk angin.

  • Daun Dewa


Orang jawa biasa menyebut tanaman obat yang satu ini dengan sebutan daun sambung nyowo. Seperti namanya yang artinya penyambung nyawa, tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagaimacam penyakit, antar lain wasir, kanker, tekanan darah tinggi, bahkan daun ini bisa mentralisir racun, dan mengobati luka, Caranya mudah, tinggal menumbuk kemudian membalurkan pada luka yang sakit.

  • Ajeran


Mungkin kita jarang mendengar tanaman obat ini. Tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan atau kebun. Tanaman obat ini bisa menurunkan demam. Anada hanya cukup merebus daunnya kemudian meminum airnya.
  • Landep


Tanaman ini tergolong tanaman yang perdu. Biasanya orang menanamnya untuk dijadikan pagar. Daun landep bermanfaat sebagai obat sakit pinggang, rematik, sakit peryt, kudis, dan juga dapat mencegah penyakit cacingan.
  • Daun Saga Rambat


Orang biasa menyebut tanaman ini Saga. tanaman obat ini dapat kita jumpai di pinggir jalan, pekarangan, dikebun, bahkan di sawah. Orang menganggap tanaman ini sebagai gulma. Tanaman ini bisa mengobati sariawan dan obat batuk. Anda cukup mengeringkan daunnya sampai layu, kemudian mengunyahnya.
  • Daun Adem Ati


Tanaman ini memiliki pohon yang bisa tumbuh mencapai 10 meter. Yang dimanfaatkan dari tanaman obat ini adalah daun dan akar. tanaman obat ini biasa digunakan untuk obat sakit kencing manis dan radang usus.
  • Daun Sirih


Siapa yang tak mengenal tanaman ini. Semua orang pasti mengenalnya. Tanaman dipecaya sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan. Caranya cukup mudah anda hanya perlu merebus beberapa helai daun sirih, kemudian basuhlah area kewanitaan anda dengan airnya yang masih hangat. Selain itu tanaman obat ini juga bisa menyembuhkan sakit mata dan mimisan.
  • Daun Adas


Tanaman ini biasanya ditanam di depan rumah sebagai TOGA atau bumbu masakan. Tanaman ini banyak mengandung vitamin C. Manfaat dari tanaman ini adalah untuk mengobati sakit mata, sesak nafas, diare, jantung, dan juga mencegah timbulnya kanker.
  • Jambu Biji


Nah, tanaman obat yang satu ini sangat sering kita jumpai. Buahnya yang enak yang enak dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah, serta daunnya dipercaya berkhasiat untuk mengobati diare.
  • Akar Wangi

Akar dari tanaman ini biasanya diolah untuk kemudian digunakan sebagai parfum,Batangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat, antara lain sebagai obat pegel linu, rematik, dan batu ginjal. Tanaman ini juga bisa untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.
  • Daun Kelor


Orang mengenal tanaman ini sebagai peluntur susuk, namun selain itu itu daun kelor juga mempunyai manfaat lain, yakni sebagia obat penurun panas dan demam, daun kelor juga bagus untuk menjaga metabolisme tubuh.
  • Temu Ireng

Tanaman ini tergolong dalam rempah – rempah. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman obat keluarga. Tanaman obat ini dipercaya bisa menambah nafsu makan selain itu juga dapat menyembuhkan remati, pegal linu, dan encok.
  • Jahe


Siapa yang tak kenal tanaman ini, Jahe biasa digunakan untuk penyedap makanan atau minuman untuk menghangatkan badan, selain itu Jahe juga menyembuhkan sakit asma, sakit tenggorokan, dan masuk angin.
  • Kunyit


Kunyit dikenal sebagai bumbu masakan dan juga pewarna makanan alami. tanaman obat ini bisa menjadi penawar racun, serta obat dari penyakit leukemia, maag, dan juga bisa menambah produksi ASI.
  • Lengkuas

Selain dikenal sebagai bumbu masakan, lengkuas ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain, diare, tumor, dan rematik
  • Kencur

Kencur juga termasuk rempah – rempah yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman obat ini bisa menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan bisa menambah nafsu makan.
  • Lempuyang

Tanaman obat ini dikenal orang sebagai pelangsing tubuh, selain itu lempuyang juga dipercaya sebagai obat kanker, diare, dan juga penambah nafsu makan.
Itulah macam – macam tanaman obat yang ada disekitar kita yang dapat kita manfaatkan untuk pengobatan alami. Alam sudah menyediakan obat – obatan alami untuk menjaga kesehatan kita. Selain murah, tanaman obat juga lebih sehat.

Sumber: tanamanhiasdaun

0 Response to "Mengenal 40 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya"

Post a Comment