loading...

Dunia Diam Atas Kekerasan di Myanmar adalah ‘Gambaran Memalukan’

Masyarakat internasional memiliki tanggung jawab untuk merumuskan solusi jangka panjang untuk krisis Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar barat, kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin.

“Turki akan terus mempertahankan sikap konstruktif dan tekadnya untuk sebuah solusi,” kata Kalin di sebuah posting Twitter sebagaimana dikutip TRTWorld.

Dia menyebut “keheningan dunia” dalam menghadapi penganiayaan terhadap Muslim Rohingya oleh pasukan keamanan negara Asia tenggara “potret rasa malu.”
Turki melanjutkan “usaha dan inisiatif intensif kami di setiap tingkat untuk mengakhiri tragedi kemanusiaan” di Rakhine, menurut ajudan presiden.

Dia mencatat bahwa badan bantuan kemanusiaan Turki, termasuk Otoritas Bulan Sabit Merah Turki, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD), dan Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (T陌KA), terlibat dalam upaya ini.

Pihak berwenang Turki berhubungan dengan pihak berwenang di Myanmar dan Bangladesh – di mana ribuan orang Rohingya telah melarikan diri – untuk memasok bantuan kemanusiaan kepada orang-orang Rohingya, Kalin menekankan.
Kekerasan meletus di negara bagian Rakhine di Myanmar pada 25 Agustus ketika pasukan keamanan negara tersebut melancarkan operasi terhadap komunitas Muslim Rohingya.Hal ini memicu masuknya pengungsi baru ke negara tetangga Bangladesh, meskipun negara tersebut menutup perbatasannya untuk para pengungsi. (Hidayatullah)

0 Response to "Dunia Diam Atas Kekerasan di Myanmar adalah ‘Gambaran Memalukan’"

Post a Comment