loading...

Obama: Indonesia Ada di Hati Saya

Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama tampil bersifat dihadapkan sekitar 9000 orang yang hadir dalam kongres Kongres "Indonesian Diaspora Network Global" (IDNG) ke-4 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017). Obama mengakui sebagai bagian dari Indonesia.

"Selamat pagi, Indonesia ada di hati saya," kata Obama saat bersifat diatas panggung utama.

Pernyataan Obama langsung disambut ribuan tepuk tangan oleh peserta kongres. Ia pun langsung menyapa peserta yang hadir, dan menyatakan kalau Indonesia melekat dalam hatinya.

Obama yang mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dengan dalaman kemeja putih itu memberikan pidato yang berdurasi sekitar 30 menit. Ribuan diaspora Indonesia antara lain datang dari AS, Cina, Meksiko, Jerman, Suriname, Qatar, Oman, Brunei Darussalam, Prancis, Belanda, dan Myanmar menyambut Obama dengan tepuk tangan meriah saat Presiden ke-44 AS itu muncul dari sisi kiri panggung.

Dalam pidatonya Obama menceritakan pengalamannya berwisata ke Bali dan Yogyakarta, dan menyebut Indonesia sebagai "bagian dari diri saya".

Obama selama ini memang dikenal memiliki kedekatan dengan Indonesia, karena sempat menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Jakarta. Kongres Diaspora Indonesia dihadiri oleh 9.000 orang dari 55 negara seluruh dunia.

Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Kasablanka Hall pada 1-4 Juli 2017 itu menghadirkan 42 pembicara dalam 12 sesi berbeda dan mengambil tema "Bersinergi Bangun Negeri".

Pidato Obama dalam sesi pembukaan kongres tersebut, sekaligus menjadi pidato pertamanya di Asia setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Presiden Amerika Serikat pada Januari 2017.

Diketahui, Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal mengatakan, dalam pidatonya Obama akan membahas isu aktual, seperti toleransi dan pluralisme.
"Soal itu saja, dan tidak ada muatan politik," imbuhnya.

Sumber: Teropongsenayan

0 Response to "Obama: Indonesia Ada di Hati Saya"

Post a Comment