loading...

Pesawat Susi Air Ditembaki di Puncak Jaya Papua

Pesawat Susi Air jenis Pilatus PK-BVC saat dievakuasi ke parkiran apron Bandara Mulia, Jumat (16/5/2017).(dok Polda Papua)
Insiden penembakan menimpa pesawat Susi Air jenis Pilatus PK-BVC di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Jumat (16/6/2017). Pesawat tengah mengangkut aparat keamanan yang mengawal pemungutan suara ulang (PSU) di Distrik Lumo, Kabupaten Puncak Jaya.

Insiden penembakan terjadi saat pesawat terbang dari Lumo ke Mulia. Tembakan sempat mengenai bagian roda.

Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli mengakui adanya laporan mengenai ditembaknya pesawat yang mengangkut anggota Polri beserta PPD dari Lumo.

"Namun pesawat dapat mendarat dengan selamat di Mulia," kata Irjen Pol Boy Rafli, Jumat (16/6/2017), dilansir Antara.

Dia menambahkan, sebelumnya pasukan pembawa logistik dengan berjalan kaki menuju Mulanikime juga ditembaki.

"Tidak ada korban dalam kedua insiden tersebut," kata Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Sementara itu, menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, pesawat tersebut sedang mengakut lima anggota Brimob Polri. Selain itu, ada dua warga sipil di pesawat kecil itu. Pesawat mendarat darurat akibat pecah ban. Diduga pelaku penembakan berasal dari anggota kelompok separatis.

"Di pesawat menampung anggota Brimob yang selesai bertugas," kata Setyo di kompleks PTIK, Jakarta, sebagaimana dilansir oleh Kompas.com, Sabtu (17/6/2017).

Anggota Brimob Polri tersebut baru saja kembali dari tugas pengamanan pemungutan suara ulang di suatu wilayah di Papua. Setyo menduga pelaku penembakan telah mengintai pesawat beserta isinya sejak mulai lepas landas hingga hendak mendarat.

"Jadi kelihatannya memang pesawat ini sudah diarah, sudah ditarget," kata Setyo.

Gangguan pada pesawat sudah dirasakan sejak masih di udara. Setelah mendarat darurat dan dilakukan pengecekan, terdapat dua bekas tembakan di bagian roda dan badan pesawat. Diduga pelakunya adalah kelompok separatis yang sengaja mengincar senjata polisi.

"Ada kelompok-kelompok yang memang sudah diidentifikasi. Tapi kami perlu cek lagi," kata Setyo.

Peristiwa itu berawal sekitar pukul 08.50 WIT, pesawat Pilatus PK-BVC terbang dari Mulia menuju Distrik Lumo. Pada pukul 9.20 Wit, pesawat Pilatus PK-BVC kembali mendarat di Bandara Mulia. Namun saat landing, sekitar 300 meter dari apron, pilot mematikan mesin pesawat karena ban kanan kempis.

Kemudian dengan bantuan aparat keamanan dan masyarakat, pesawat bisa didorong menuju tempat parkir di apron. 

PSU di Kabupaten Puncak Jaya dilaksanakan di enam distrik di 72 tps dengan jumlah DPT sebanyak 31. 240 pemilih. Enam distrik yang melaksanakan PSU, yakni Dagai, Lumo, Yamoneri, Mulanikime, Ilamburawi dan Yambi.


0 Response to "Pesawat Susi Air Ditembaki di Puncak Jaya Papua"

Post a Comment