loading...

Tips Liburan Murah Ala Backpacker ke Raja Ampat

Foto: Gatra
Raja Ampat adalah salah satu destinasi impian dari banyak traveler dan pejalan di Indonesia. Raja ampat atau yang memiliki arti Empat Raja ini merupakan kepulauan yang terletak di Papua Barat. Memang tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menyelam di Indonesia, dan bahkan.. di dunia.

Keanekaragaman biota lautnya lah yang membuat Raja Ampat menjadi populer. Posisinya yang berada di antara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, didukung dengan suhu yang sesuai membuat pertumbuhan karang menjadi baik. Tidak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah laut terakhir di bumi. Keindahan dan keragaman, ditambah dengan orang-orang lokal yang hangat, membuat Raja Ampat adalah tempat liburan yang wajib dikunjungi.

Tips Liburan Murah Ala Backpacker Ke Raja Ampat
Tips Liburan Murah Ala Backpacker Ke Raja Ampat (sumber)
Nama Raja Ampat sendiri diambil dari mitologi lokal. Sebelumnya, seorang wanita menemukan tujuh telur, 4 dari mereka menetas dan menjadi raja yang sekarang dikenal sebagai empat pulau besar, Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Satu menetas sebagai seorang wanita, sementara yang lainnya tidak menetas.
Memang tidak mudah untuk mencapai lokasi diving terbaik di muka bumi ini. Penerbangan mahal dan informasi yang kurang menyebabkan kesalahpahaman tentang Raja Ampat. Terutama banyak orang berpikir kalau Raja Ampat itu sangat mahal. Mungkin itu setengah benar, atau mungkin saja informasi itu tidak sepenuhnya benar. Dan, beberapa tips terkait tentang cara untuk perjalanan liburan murah ke Raja Ampat ala Backpacker ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin liburan kesana.

Tips Mencari Penerbangan Murah Ke Raja Ampat

Harga penerbangan ke Indonesia timur memang terkenal mahal, nah untuk mencari penerbagan murah ke Raja Ampat, yaitu dari Jakarta ke Sorong, kalian harus mencarinya jauh – jauh hari! Tidak ada cara lain lagi selain rajin mencari tiket promo. Hindari musim peak season karena pasti harga tiket pesawat melambung tinggi. Harga normal adalah 2-3 Juta Rupiah sekali jalan.

Biasanya penerbangan transit dengan maskapai berbeda juga bisa sedikit menghemat biaya tiket pesawat. Gunakan meta search tiket pesawat seperti sky scanner untuk mengawasi pergerakan harga tikat. Pesanlah ketika harga menyentuh yang termurah.

Alternatif Murah Transportasi Menuju Raja Ampat Dengan Kapal Laut

Raja ampat juga bisa ditempuh dengan kapal Pelni dari Tanjung Priok Jakarta atau pun dari arah Jayapura. Jadi liburan ala backpacker ke Raja Ampat itu sangat mungkin!

Dari Jakarta ada kapal pelni yang melayani jalur pelayaran dari Tanjung Priok sampai Sorong. Meskipun ini akan memakan waktu selama beberapa hari hingga satu minggu, tetapi ini adalah salah satu cara termurah untuk menuju Raja Ampat lewat Sorong.

Untuk rincian perkiraan harga kapal laut dari Tanjung Priok, Jakarta – Sorong adalah sebagai berikut :
KELAS 1A
Dewasa : Rp. 2.958.500,-
Anak : Rp. 2.224.500,-
Bayi : Rp. 305.000,-
KELAS 1B
Dewasa : Rp. 2.412.000,-
Anak : Rp. 1.814.500,-
Bayi : Rp. 256.500,-
KELAS 2A
Dewasa : IDR 1.639.500,-
Anak : IDR 1.235.000,-
Bayi : IDR 173.000,-
KELAS 2B
Dewasa : IDR 1.512.000,-
Anak : IDR 1.139.500,-
Bayi : IDR 160.500,-
KELAS 1A
Dewasa : IDR 2.958.500,-
Anak : IDR 2.224.500,-
Bayi : IDR 305.000,-
KELAS 1B
Dewasa : IDR 2.412.000,-
Anak : IDR 1.814.500,-
Bayi : IDR 256.500,-
KELAS 2A
Dewasa : IDR 1.639.500,-
Anak : IDR 1.235.000,-
Bayi : IDR 173.000,-
KELAS 2B
Dewasa : IDR 1.512.000,-
Anak : IDR 1.139.500,-
Bayi : IDR 160.500,-
EKONOMI
Dewasa : IDR 748.000,-
Anak : IDR 566.500,-
Bayi : IDR 84.000,-

Transportasi Di Raja Ampat, Transportasi Dari Sorong Ke Waisai

Pantai Aborei, Raja Ampat
Pantai Aborei, Raja Ampat (sumber)
Sebenarnya Papua tidak semahal seperti yang kita pikirkan, meskipun harga bensin bisa mencapai dua kali Jakarta. Anehnya biaya transportasi di sana tidak begitu mahal. Misalnya ojek disana untuk perjalanan sekitar 5 km biayanya hanya Rp 15.000. Ojek akan sangat berguna untuk backpacker atau solo traveler dari bandara menuju Pelabuhan Sorong. Atau jika kalian datang ramai – ramai dan kelompok, kalian bisa menyewa mobil seharga IDR 100.000-200.000 untuk menuju ke pelabuhan Sorong.

Iya, pelabuhan Sorong adalah pintu gerbang menuju Raja Ampat. Sementara itu dari Pelabuhan Sorong ke Waisai bisa ditempuh dengan perahu cepat (IDR 130.000) yang berangkat jam 02:00 PM waktu setempat. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam penyeberangan. Setelah sampai di Waisai, kalian menyewa mobil untuk mengantarkan kalian sampai penginapan. 

Penginapan Murah Selama Liburan Di Raja Ampat

Homestay di Raja Ampat
Homestay di Raja Ampat (sumber)
Kalian bisa memilih apa pun jenis penginapan yang ada di Raja Ampat. Mulai dari penginapan ala homestay atau bahkan resort mewah. Iya, percaya atau enggak ada homestay di Raja Ampat yang harganya jauh lebih masuk akal dan ekonomis. Apalagi ada homestay yang terletak di pulau kecil yang tenang.
Tidak seperti beberapa penginapan di Waisai seperti Arcopora dan Dolphin (Rp 880.000 / bungalow / 4 orang), suasananya akan sangat berbeda karena mereka tidak terletak tepat di depan laut. Bahkan jika penginapan itu dekat dengan Pantai WTC. Percayalah, WTC tidak terlalu bersih.
Rekomendasi penginapan murah dan nyaman di Raja Ampat adalah dengan tinggal di homestay seperti Yenkoranu homestay, Koranu Fyak Homestay, yang tarifnya hanya sekitar IDR 250.000 / orang termasuk makan 3x! Dan tentu saja, kalian bisa melompat langsung ke pantai dan berenang dengan ribuan ikan besar… bahkan bertemu hiu juka kalian beruntung!
Informasi lebih lanjut tentang homestay dan penginapan murah di Raja Ampat, bisa dicari dengan bantuan google, atau bertanya langsung setelah sampai di Raja Ampat. Jika menginap di Sorong kalian bisa tinggal di Hotel Indah dekat Tembok Berlin (IDR 230.000 / malam) atau Meridien Hotel yang lokasinya di depan bandara dan atau bisa juga membeli PIN disini (IDR 400.000 / malam). 

Tips Island Hoping Di Raja Ampat Dengan Perahu

Raja ampat bisa dijelajahi dengan berbagai jenis perahu.

Raja ampat bisa dijelajahi dengan berbagai jenis perahu.

Cara paling gampang adalah mengatur penyewaan perahu kalian dengan pemilik homestay tempat kalian menginap. Biasanya mereka memiliki perahu mereka sendiri dengan harga yang lebih murah. Ada beberapa jenis perahu di Raja Ampat. Long Boat adalah yang termurah, speed boat kecil cocok untuk sekitar 10 orang, dan yang terakhir adalah speedboat besar yang bisa muat sampai 30 orang.

Kisaran harga sewa perahu di Raja Ampat berbeda – beda, tergantung pada rute yang kalian ingin lewati. Misalnya, naik speed boat ke Mansuar dan Gam daerah akan terkena biaya sekitar IDR 3.500.000 / hari. Sementara itu untuk pergi ke Wayag yang merupakan ikon Raja Ampat biayanya adalah IDR 7.050.000 / hari.

Masalahnya, bagaimana jika kalian pergi ke Raja Ampat sendirian, tidak dengan berkelompok? Jangan khawatir deh! Itulah sebabnya kalian disarankan untuk bertanya kepada pemilik homestay jika ada orang lain memiliki kegiatan yang sama, entah pergi ke Wayag, atau yang lainnya, kalian dapat bergabung dengan mereka.

Beberapa homestay bahkan memiliki aktivitas yang sudah dijadwalkan untuk pergi ke beberapa pulau-pulau kecil. Bahkan ada juga yang hannya membayar IDR 100.000 untuk pergi ke Manta Point and sekitarnya. Jika kalian ingin menyewa perahu di Raja Ampat, kalian bisa menghubungi Pak Pandy, Pemandu dan Kapten kapal di Raja ampat pada nomor ini : 6285243526835

Pulau – Pulau Yang Bisa Dikunjungi Di Raja Ampat

Pemandangan paling populer di Raja Ampat, panorama kepulauan wayag.
Pemandangan paling populer di Raja Ampat, panorama kepulauan wayag (sumber).
Kunjungilah beberapa desa di Raja Ampat seperti Arborek, Sawingray, Yenbuba. Wayag adalah tempat yang paling populer di Raja Ampat. Wayag ini terkenal karena ketika kalian mengetik “Raja Ampat” di google, pasti informasi yang banyak keluar, foto dan gambar yang ada adalah Wayang yang mempesona ini.
Kepulauan Wayag sendiri bisa ditempuh dengan 3 jam perjalanan dengan speedboat dari Waisai. Selain wayag, ada juga tempat yang pemandangannya mirip seperti Wayag, bernama Penemu atau Pianemo Island. Disini kalian bisa mendaki tiga bukit kapur untuk melihat pemandangan spektakuler berupa batu gamping kecil dengan gradasi warna-warni yang menakjubkan.

Pastikan untuk memakai sepatu dan sarung tangan karena meskipun perjalanan tidak lama tapi sepanjang jalur banyak bebatuan yang runcing. Untuk snorkeling, kalian bisa melakukannya di depan Kri Resort, atau bisa juga dilakukan di Wayag. Pemandangan bawah lautnya tentu akan sangat luar biasa.

Pun karang yang ada tidak terlalu bagus, tetapi ikan disana ada banyak dan berukuran besar. Manta Point adalah tempat yang wajib kalian kunjungi ketika ke Raja Ampat. Jangan heran kalau kalian melihat hiu disana. Jangan takut juga, karena mereka tidak akan menggangu kalian kecuali terpancing dengan aroma darah. Sementara itu Teluk Kabui memiliki sebuah gua di mana masih ada sebuah telur yang belum menetas di dalamnya. Terakhir kalian juga bisa melakukan birdwatching di Waigeo.

Tentang Menyelam Di Raja Ampat

Panorama bawah laut Aborei, Raja Ampat.
Panorama bawah laut Aborei, Raja Ampat (sumber).
Liburan ala Backpacker ke Raja Ampat takkan lengkap tanpa menyelam. Diving atau Menyelam di Raja Ampat harganya mulai dari Rp 550.000 / log. Kalian bisa menghubungi operator diving di resort seperti Raja Ampat Dive Resort, Raja Ampat Dive Lodge, Kri Eco-Resort, dan Waiwo Dive Resort. Untuk keselamatan kalian lebih baik untuk pergi ke resort itu karena beberapa operator menyelam lain tidak benar-benar memiliki dive master yang berpengalaman.

Perkiraan Biaya Liburan Ala Backpacer Ke Raja Ampat

Liburan ala backpacker ke Raja Ampat bukan tidak mungkin loh!
Liburan ala backpacker ke Raja Ampat bukan tidak mungkin loh! (sumber)
  • Kapal Dari Cepat Sorong – Waisai PP : IDR 260,000
  • Akomodasi+3x makan (4 malam) : IDR 1,000,000
  • Keliling Pulau Di Raja Ampat : IDR 200,000-700,000 (sampai Wayag)
  • Biaya Konservasi Raja Ampat(PIN Raja Ampat): IDR 250,000 untuk orang Indonesia, IDR 500,000 Untuk Orang asing.
  • Transportasi: IDR 100,000
Catatan : Data diatas harap jangan digunakan sebagai acuan pasti, karena ada kemungkinan perubahan harga dan biaya tanpa pemberitahuan.

Tips Asik Liburan Ala Backpacker Ke Raja Ampat

Selamat berlibur ke Raja Ampat teman - teman!
Selamat berlibur ke Raja Ampat teman – teman! (sumber)
  • Musim Angin selatan disarankan untuk dihindari, karena pada musim ini ombak di laut sekitar Raja Ampat akan menggila. Musim angin selatan biasanya terjadi mulai awal bulan Juni sampai bulan September.
  • Meskipun pergi ke Raja Ampat sendirian itu mungkin sekali, tetapi pergi beramai – ramai jauh lebih menyenangkan dan murah. Rombongan 4-6 orang untuk pergi ke Raja Ampat akan lebih ekonomis.
  • Usahakan untuk sampai Sorong pada pagi hari, hal ini bisa dilakukan dengan penerbangan malam. Tujuannya adalah agar bisa mengejar kapal cepat yang berangkat jam 14.00 waktu setempat.
  • Sediakan uang cash yang cukup, karena ATM sangat jarang ditemukan disini. Hanya ada satu mesin ATM saja disini, yaitu ATM BRI.
  • Berbaurlah dengan masyarakat setempat, siapa tahu kalian bisa menemukan informasi yang menarik yang membuat liburan kalian ke Raja Ampat lebih seru.
  • Sekarang ini sudah banyak yang membuka open trip ke Raja Ampat dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Jadi jika tidak ingin liburan ala Backpacker ke Raja Ampat sendirian, kalian bisa pergi kesana dengan cara gabung open trip ke Raja Ampat

Cara mencapai pulau-pulau Raja Ampat dari Sorong

Ada tiga pilihan cara untuk mencapai pulau-pulau Raja Ampat dari Sorong:

1: Feri Umum

Ada dua jenis kapal feri (express dan ‘perahu lambat’) yang melayani penyeberangan antara Sorong dan Waisai. Waisai berada di pulau Waigeo dan merupakan ibukota Kabupaten Raja Ampat. Hampir semua pilihan akomodasi di website ini menyediakan jasa penjemputan dari Waisai.

Baik feri cepat maupun perahu lambat beroperasi setiap hari dan keduanya memiliki keberangkatan baik dari Sorong maupun Waisai yang dijadwalkan pada sekitar pukul 14:00. Keberangkatan seringkali bisa ditunda, sehingga Anda bisa mencoba menghubungi seseorang di pelabuhan jika Anda akan datang terlambat.
Feri ekspres memerlukan waktu sekitar dua jam untuk menyeberang, sedangkan perjalanan dengan perahu lambat memakan waktu sekitar empat jam. Tentu saja, kebanyakan wisatawan lebih memilih kapal ekspres!
Pada laporan terakhir, tarif tiket perahu lambat adalah IDR 140,000 (~ USD 14.00) dan dapat dibeli baik di dermaga sebelum naik atau di atas kapal itu sendiri. Tersedia beberapa kabin pribadi  dalam jumlah terbatas. Tanyakan pada salah satu kru kapal untuk mendapatkan harga terbaik.

Harga tiket feri ekspres saat ini berkisar antara IDR 130,000 sampai IDR 220,000 tergantung kelas kursi yang Anda inginkan. Membeli tiket kursi VIP berarti Anda akan duduk di sebuah kursi dengan sandaran yang dapat diatur dalam sebuah ruangan ber-AC dilengkapi dengan sistem karaoke yang canggih dan keras yang biasanya sangat sering digunakan. Tiket dijual di dermaga dan Kantor Dinas Pariwisata Raja Ampat.

Di Pelabuhan Sorong, Anda dapat menemukan feri Bahari Inn yang berwarna putih dan oranye dengan berjalan ke bagian ujung dermaga berbentuk L. Kapal Feri ekspres terikat bersama dengan kapal di ujung dermaga dan Anda harus menyeberang dek kapal untuk naik ke atas feri. Perahu lambat (biasanya Fajar Mulia) umumnya dapat ditemukan di sisi kanan dermaga, di sudut “L”.

Jadwal feri ekspres

Tabel di bawah ini menunjukkan jadwal feri ekspres dan berlaku pada saat artikel ini ditulis pada tanggal 22 Januari 2016. Jadwal dapat berubah tanpa pemberitahuan. Kantor Dinas Pariwisata Sorong dan penyedia jasa penginapan Anda akan dapat memberikan informasi akurat dan terkini mengenai jadwal keberangkatan feri. Keberangkatan feri seringkali dapat ditunda. Kami pernah mengalami penundaan lebih dari 90 menit pada satu kesempatan karena tamu VIP yang terlambat muncul.
Sangatlah beresiko untuk menjadwalkan keberangkatan pukul 14:00 dari Waisai untuk mengejar penerbangan penghubung yang berangkat sore hari dari Sorong!
Waktu yang ditunjukkan pada tabel berikut adalah waktu keberangkatan. Perjalanan dengan feri makan waktu sekitar 2 jam.
HARI SORONG – WAISAI WAISAI – SORONG
Senin 9.00am 2.00pm 11.00am 2.00pm
Selasa
2.00pm
2.00pm
Rabu 9.00am 2.00pm 9.00am 2.00pm
Kamis
2.00pm
2.00pm
Jumat 9.00am 2.00pm 9.00am 2.00pm
Sabtu
2.00pm 12.00noon
Minggu
2.00pm
2.00pm

2. Speedboat
Jika Anda sangat terburu-buru, Anda dapat menyewa speedboat untuk membawa Anda langsung ke penginapan Anda. Pelabuhan speedboat pelabuhan berjarak sekitar 200 m di sebelah barat dermaga feri. Speedboat jauh lebih mahal (hingga mencapai ratusan dolar) dan jauh lebih nyaman daripada feri umum. Mungkin akan lebih baik untuk merencanakan kedatangan Anda pada salah satu penerbangan awal dan mendapatkan pesawat menyeberang ke Waisai seperti berikut …

3. Penerbangan dari Sorong ke Waisai
Sebuah pesawat Twin Otter 16-kursi yang dioperasikan oleh Susi Air terbang dari Sorong ke Marinda Airport Waisai dan sebaliknya. Rute ini belum dapat beroperasi secara komersial dan Susi Air hanya dapat beroperasi berkat subsidi dari pemerintah Raja Ampat. Dengan demikian, jadwal dapat diubah tanpa pemberitahuan. Jadi pastikan Anda menghubungi maskapai untuk mengkonfirmasi jadwal ketika merencanakan perjalanan Anda.
  • Berangkat dari Sorong Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 08.30, tiba Waisai pukul 09.00
  • Kembali dari Waisai hari Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 09.10, tiba Sorong pukul 09.40
  • Biaya (sekali jalan – Agustus 2014): Dewasa atau anak> IDR 205,000 Bayi> IDR 50,000
Nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan:
  • Susi Air Sorong: +628114806709, +628114806710
  • Susi Air Manokwari: +628112123932, +628114806705
Email:
  • info@susiair.com
Catatan:
  • Situs Susi Air ini belum menunjukkan rute Sorong-Waisai (mereka mewarisi layanan ini dari Merpati airline yang kini sudah tidak beroperasi), sehingga tidak mungkin untuk melakukan pemesanan secara online. Informasi saat ini adalah bahwa pemesanan hanya dapat dilakukan di kantor Sorong dan Manokwari.

Cara mencapai pulau-pulau dari Waisai

Cara termudah untuk mencapai penginapan Anda dari Waisai adalah untuk mengatur penjemputan ketika Anda memesan akomodasi. Sebagian besar homestay yang tercantum di sini mempublikasikan harga penjemputan dari Waisai.

Biaya perjalanan dari Wasai ke pulau-pulau adalah suatu hal yang banyak dikeluhkan para wisatawan. Biaya sewa perahu cenderung lebih mahal dari seharusnya dan usaha tawar-menawar jarang berhasil menurunkan harga yang diminta secara signifikan. Pastikan Anda memberitahu tuan rumah Anda jika biaya perjalanan yang dikenakannya terlalu tinggi menurut Anda. Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan alternatif yang baik, silahkan beritahu kami semua dengan memberikan komentar di bawah artikel ini!

Jika Anda lebih memilih untuk mengatur transportasi sendiri, pilihan Anda adalah melalui Transwisata di Waisai (mintalah salah satu penyedia jasa transportasi untuk mengantar Anda ke sana), atau dengan mencoba untuk menumpang di salah satu perahu homestay yang akan pergi ke tempat yang dekat dengan tempat tujuan yang Anda inginkan. Penjemputan dengan perahu homestay berlangsung di pelabuhan perahu homestay yang berada di sebelah barat pelabuhan (ditunjukkan pada peta di bawah ini.)


Nah, setelah membaca tulisan “Tips Liburan Murah Ala Backpacker Ke Raja Ampat” ini masih berpikir kalau liburan ala backpacker ke Raja Ampat itu mustahil? Selamat mencoba liburan ke salah satu destinasi terbaik Indonesia ya!

Sumber: Littlenomadid.com, Stayrajaampat.id  dan Liburmulu.com

0 Response to "Tips Liburan Murah Ala Backpacker ke Raja Ampat"

Post a Comment