loading...

Terkena Asam Urat, Inilah Tanaman Obat yang Ampuh Mengatasinya

Menderita asam urat tentunya sangat mengganggu kehidupan Anda, sebab saat kambuh seringkali menimbulkan rasa sakit/nyeri yang luar biasa pada persendian. Penyakit asam urat paling banyak menyerang usia 40 tahun ke atas, sebab pada usia tersebut terjadi penurunan fungsi penyerapan nutrisi baik di ginjal maupun di saluran pencernaan. Akibatnya, ada beberapa zat-zat yang seharusnya dibuang oleh tubuh melalui urine maupun feses tetapi zat tersebut justru menumpuk di dalam tubuh. Tidak hanya faktor usia saja yang dapat menyebabkan penyakit asam urat, namun gaya hidup yang tidak sehat juga dapat memicu timbulnya penyakit ini.

Penyakit asam urat merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan kadar zat asam urat di dalam tubuh. Penumpukan asam urat ini diakibatkan karena adanya penumpukan zat purin yang menghasilkan asam urat, dimana jumlah yang dikeluarkan lebih kecil daripada yang diserap sehingga terjadi kelebihan asam urat di dalam tubuh. Kelebihan asam urat ini akan terakumulasi di persendian sehingga akan menimbulkan berbagai keluhan. Asam urat biasanya membentuk seperti kristal-kristal tajam di persendian sehingga akan menimbulkan rasa sakit/nyeri yang dapat disertai dengan pembengkakan pada area yang nyeri tersebut. Persendian yang sering merasakan nyeri  terutama di daerah tangan dan kaki.

Berbagai Tanaman Obat Asam Urat untuk Pengobatan secara Alami

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Faktor-faktor tersebut antara lain usia, faktor genetik, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, adanya gangguan pada ginjal, penyakit diabetes atau kencing manis, tekanan darah tinggi, kurangnya aktivitas fisik atau olahraga, dan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan tertentu (misalnya aspirin dan obat penurun tekanan darah). Untuk menyembuhkan penyakit asam urat, Anda dapat menggunakan tanaman obat asam urat yang aman dan ampuh seperti berikut ini:
  1. Brotowali
Brotowali merupakan sejenis tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan merupakan salah satu jenis tanaman obat asam urat. Cara mengolahnya cukup sederhana, Anda hanya perlu merebus daun brotowali kemudian disaring untuk diambil airnya. Rasanya memang terkenal pahit, tetapi khasiatnya ampuh untuk menurunkan asam urat. Selain untuk mengobati asam urat, brotowali juga mempunyai banyak manfaat antara lain untuk mengobati darah tinggi, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas tubuh, dan membuat kulit Anda senantiasa kencang/awet muda.
  1. Kumis kucing
Anda selama ini mungkin telah sering mendengar khasiat daun kumis kucing sebagai obat batu ginjal. Selain ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, ternyata kumis kucing juga merupakan tanaman obat asam urat. Tanaman ini mudah ditemukan di sekitar kita, biasanya tumbuh liar di selokan atau di pinggir sungai. Tetapi setelah banyak informasi tentang khasiat tanaman ini, saat ini sudah banyak orang yang menanamnya di halaman rumah.

Tanaman kumis kucing mengandung zat orthosiphonin glikosida dan diuretik sehingga akan merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Selain itu juga mengandung zat sinsetin yang mencegah peradangan dan infeksi pada saluran kemih. Untuk menyembuhkan asam urat, maka minumlah rebusan daun kumis kucing ini secara teratur.
  1. Sambiloto
Sambiloto juga sudah banyak dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Walaupun tanaman ini sebenarnya berasal dari India, namun dapat tumbuh subur di Indonesia dan tidak sulit untuk menemukannya. Sambiloto juga merupakan tanaman obat asam urat yang cukup ampuh. Seluruh bagian dari tanaman sambiloto dapat digunakan sebagai obat, namun pada umumnya yang digunakan adalah daunnya. Cara mengolahnya dengan cara direbus kemudian diminum air rebusannya. Zat yang terkandung dalam sambiloto antara lain yaitu aldehid, keton, alkane, flavanoid, dan berbagai mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium.
  1. Daun salam
Dalam kehidupan sehari-hari, daun salam lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Ternyata daun salam juga termasuk salah satu tanaman obat asam urat. Daun salam dikenal memiliki bau yang sangat harum. Cara mengobati asam urat dengan daun salam yaitu dengan cara merebusnya kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum secara teratur. Daun salam mengandung beberapa zat penting seperti flavanoid, tanin, dan minyak atsiri yang efektif untuk sembuhkan asam urat.
  1. Jahe merah
Tanaman obat asam urat yang berikutnya yaitu jahe merah. Tanaman ini ternyata tidak hanya ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, tetapi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Cara mengolahnya buatlah jahe merah sebagai minuman atau yang sering dikenal dengan wedang jahe. Jahe merah mempunyai khasiat untuk membuang asam urat yang menumpuk serta menyembuhkan peradangan pada sendi. Selain itu jahe merah juga berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  1. Teh hijau
Tanaman teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan lemak dan kolesterol, tetapi juga merupakan tanaman obat asam urat. Zat penting yang terkandung dalam teh hijau antara lain yaitu epigallocatechin-3-gallate, polifenol, vitamin E, vitamin C yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya penumpukan asam urat serta bertindak sebagai antiinflamasi serta mencegah peradangan sendi. Anda dapat membuat teh hijau sebagai minuman untuk menyembuhkan asam urat sekaligus untuk mengurangi berat badan.
  1. Sidaguri
Tanaman sidaguri juga merupakan salah satu tanaman herbal yang biasanya tumbuh liar bersama rerumputan. Tanaman ini ternyata juga merupakan tanaman obat asam urat karena mengandung zat alkaloid ephedrine dan bersifat diuretik. Rebuslah daun sidaguri bersama bijinya, ambil airnya dan minumlah secara taratur untuk menyembuhkan asam urat sekaligus untuk menyembuhkan peradangan pada saluran kencing serta berkhasiat untuk meningkatkan stamina.

Selain mengkonsumsi tanaman obat asam urat seperti yang telah diterangkan di atas, agar asam urat tidak kambuh maka hal yang tak kalah penting adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tersebut antara lain yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur, mengurangi makanan berlemak, menjauhi alkohol, dan banyak mengkonsumsi air putih. Jika Anda memiliki riwayat penyakit asam urat maka sebaiknya kurangi makanan yang banyak mengandung zat purin, antara lain jerohan, daging merah, aneka macam seafood, kacang-kacangan (kacang tanah, melinjo, kacang hijau, dan kacang kedelai), dan sayuran tertentu (sayur bayam, daun singkong, daun pepaya, buncis, asparagus, kembang kol, dan jamur kuping).

Penyakit asam urat biasanya ditandai dengan adanya nyeri di persendian yang dapat disertai adanya pembengkakan. Untuk memastikan apakah Anda menderita asam urat, Anda dapat periksa ke dokter atau melakukan test di laboratorium. Pada pemeriksaan laborat, kadar asam urat yang normal untuk laki-laki dewasa yaitu 3,4-7,0 mg/dl, perempuan dewasa 2,4-6,0 mg/dl, dan untuk anak-anak 2,0-5,5 mg/dl. Jika dalam pemeriksaan kadar asam urat Anda melebihi batas normal maka dapat dipastikan bahwa Anda menderita penyakit asam urat. Jika Anda mempunyai penyakit asam urat, maka sebaiknya diobati dan dikendalikan sedini mungkin. Sebab selain menimbulkan berbagai keluhan nyeri, berdasarkan penelitian penyakit asam urat juga berisiko untuk memicu terjadinya kerusakan pada ginjal akibat penumpukan asam urat berlebih sehingga ginjal dipaksa untuk bekerja lebih ekstra.

0 Response to "Terkena Asam Urat, Inilah Tanaman Obat yang Ampuh Mengatasinya"

Post a Comment