loading...

Pantai Harlem, Surga Kecil yang belum Banyak Diketahui Wisatawan

Papua memang menyimpan beragam keindahan, terutama keindahan alamnya. Lokasinya yang merupakan sebuah pulau besar dan diikuti oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya, menjadikan Papua kaya akan wisata pantai. Salah satu wisata pantai yang sangat menarik adalah Pantai Harlem. Pantai Harlem yang merupakan salah satu potongan surga di muka bumi ini ternyata belum terlalu terjamah dan banyak didatangi oleh turis. Lokasinya terpencil dan tersembunyi mungkin merupakan salahsatu alasan mengapa lokasi yang memanjakan mata ini belum banyak didatangi oleh turis.

Pantai ini terletak di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua. Untuk menuju Harlem, dari Kota Jayapura mula-mula dengan menggunakan kendaraan darat ke arah Depapre yang memakan waktu sekitar 2 jam. Setiba di Dermaga Depapre perjalanan dilanjutkan dengan jalur laut. Belum ada jalan yang memadai untuk kendaraan bermotor ke tempat itu karena harus melintasi perbukitan. Kita bisa menyewa sebuah perahu cepat berkapasitas 10 orang dengan tarif Rp 400.000 hingga Rp 500.000 untuk perjalanan pergi dan pulang.

Perjalanan akan melintasi Laut Depapre yang berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik. Sekitar 15 menit perjalanan, tampak dari kejauhan keindahan Pantai Harlem dengan airnya yang berwarna kehijauan dan sangat jernih. Sekitar 10 meter sebelum mendekat bibir pantai, tampak jelas aneka biota laut dan ikan berukuran kecil. Namun, tak terlalu banyak terumbu karang.

Sebagaimana layaknya kita temui di setiap sudut Indonesia, Pantai Harlem juga memiliki keindahan yang sangat menawan, dengan pemandangan yang masih alami dan bersih serta biota laut yang sedemikian terjaganya. Sehingga anda sebagai pengunjung bisa dengan puas menikmati keindahan alam bawah laut dari Papua dengan sangat leluasa. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahraga menyelam.


Pasirnya berwarna putih dan sangat halus. Tak ada sama sekali kerikil. Tidak seperti pantai lain di sekitarnya yang pada bagian tepian pantainya justru lebih banyak terlihat batu-batu kecil lonjong.

Harlem memiliki garis pantai sepanjang sekitar 700 meter. Suasana di tempat itu sangatlah teduh, disertai embusan angin yang pelan. Terdapat banyak pohon kelapa, bintanggur, dan sagu yang tumbuh di tepi pantai.

Sejumlah fasilitas bagi wisatawan pun tersedia yang dapat disewa, antara lain lima pondok dan empat kamar mandi untuk berganti pakaian. Pengunjung dikenai tarif Rp 150.000 untuk menyewa satu pondok. Selain itu terdapat ayunan-ayunan tali yang diikatkan ke pohon yang bisa disewa.

Namun, di Harlem belum ada penginapan dan restoran yang menjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu, pengunjung diharapkan menyiapkan bekal sebelum ke Harlem.

Kebersihan Pantai Harlem juga sangat terjaga. Sangat jarang ditemukan sampah rumah tangga di tempat itu. Bisa dikatakan bahwa Harlem adalah salah satu destinasi wisata terbersih yang di Indonesia.

Selain bersih dan masih sepi, Harlem juga memiliki sebuah kolam air tawar yang berjarak sekitar 7 meter dari bibir pantai. Di kolam yang berair sangat jernih itu terdapat beberapa jenis ikan. Berdasarkan penuturan warga sekitar, kolam itu terbentuk alami pada ratusan tahun lalu. Pengunjung bisa membilas tubuh setelah mandi air laut yang asin.

0 Response to "Pantai Harlem, Surga Kecil yang belum Banyak Diketahui Wisatawan"

Post a Comment