loading...

Papua Akan Bangun Patung Yesus Tertinggi di Dunia, Habiskan Dana Rp500 M

Pemerintah Provinsi Papua berencana membangun patung Yesus senilai Rp500 miliar yang berlokasi di Gunung Sowaja, Kota Jayapura. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua Djuli Mambaya mengatakan, persiapan pembangunan patung mulai dikerjakan dan diharapkan selesai sebelum 2020.

"Patung ini berkelas internasional, benar-benar menjadi termegah di dunia," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua, Djuli Mambaya di Jayapura, seperti dilansir Detik.com.

Patung yang akan menghadap ke Samudra Pasifik nantinya menjadi patung tertinggi di dunia karena mencapai tinggi 75 meter sedangkan landasannya sekitar 100 meter. Sebagai perbandingan, tinggi patung Yesus di Brasil hanya 30 meter, dan landasannya 8 meter. Sementara patung di Tana Toraja tingginya 23 meter dan landasannya 17 meter.

"Tahap awal sudah dibebaskan lahan seluas enam hektare dan akan bertambah sesuai kebutuhan," kata Mambaya dilansir Antara, seraya menambahkan, selain patung Jesus juga akan dibangun salib..

Lokasi patung Yesus juga akan dilengkapi berbagai sarana pendukung seperti gedung tiga lantai sehingga nantinya dapat digunakan sebagai daerah tujuan wisata rohani.

"Kami akan bangun lift di dalam Patung Yesus Kristus, seperti di Monas Jakarta agar pengunjung dapat menyaksikan seluruh Kota Jayapura dari mata Yesus," ucap Mambaya.
Ketika ditanya tentang pematung yang akan mengerjakan pembangunan patung Yesus, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua mengatakan, yang akan mengerjakannya adalah Noor Ibrahim bersama rekan-rekannya termasuk Didit Affandi, cucu dari maestro lukis Affandi.

Selain kedua orang itu, pembangunan patung Yesus juga akan melibatkan seniman dari pasar seni Ancol Jakarta, yaitu Cubung dan Roni Mala.

Pada akhir April 2017 lalu, tim Pemprov telah melakukan survei melalui udara dengan menggunakan pesawat Grand Caravan.

Mambaya mengharapkan patung bisa menjadi ikon dan destinasi wisata baru di Jayapura.

"Kami telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 300 M sampai Rp 500 M dalam APBD Papua," jelas Mambaya.

Saat ini, Pemprov menunggu persetujuan DPRD setempat. Namun persiapan telah dilakukan, salah satunya lokasi patung.

0 Response to "Papua Akan Bangun Patung Yesus Tertinggi di Dunia, Habiskan Dana Rp500 M"

Post a Comment