loading...

Jokowi Dilecehkan Pemerintah Singapura, Beda dengan SBY

singapura-tak-sambut-jokowi-dengan-bendera-indonesia-uMtNoX2Sak 
Jokowi lagi-lagi direndahkan. Kali ini oleh Singapura. Betapa tidak, saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Negeri Singa kemarin (28/7), Jokowi tidak disambut bendera Indonesia. Dalam foto yang merekam pertemuan Jokowi dengan Presiden Singapura Tony Tan Keng Yam, tampak kedua pemimpin negara duduk dengan latar dua bendera Singapura.

Padahal, Indonesia selalu menyambut tamu negaranya dengan bendera negara mereka. Lalu, mengapa Singapura tidak memperlakukan hal serupa?

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi yang turut mendampingi Jokowi lantas menyampaikan penjelasan yang diberikan protokoler kepresidenan Singapura kepada Indonesia. Berdasarkan keterangan yang diberikan pihak Singapura, bendera yang dipasang saat pertemuan memang tidak ditujukan untuk negara tamu, sebab bendera tersebut tidak berubah siapa pun tamunya.

“Untuk pertemuan dengan Presiden Singapura, mereka selalu menggunakan dua bendera, yaitu bendera negara dan bendera kepresidenan,” kilah Menlu Retno dalam rilisnya (28/7).

“Mereka tidak menggunakan bendera negara tamu untuk semua pertemuan dengan presiden Singapura. Sementara pertemuan dengan perdana menteri tidak menggunakan bendera sama sekali,” imbuhnya.
SBY ke Singapura 
Namun, berdasarkan penelusuran yang dilakukan Okezone, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada 22 April 2013, terlihat bendera Indonesia terpasang di belakang PM Lee. Demikian juga saat mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menemui PM Lee pada 26 Juli 2013, bendera AS terpasang di balik punggung PM Lee. (Eramuslim)

0 Response to "Jokowi Dilecehkan Pemerintah Singapura, Beda dengan SBY"

Post a Comment