loading...

9 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Rangking Kampus Terbaik Dunia

Sembilan universitas di Indonesia masuk dalam urutan rangking kampus dunia. Tiga di antaranya masuk dalam daftar rangking 500 besar dunia.
 
“Tahun ini ada pergerakan besar peringkat perguruan tinggi Indonesia di dunia. Perguruan tinggi mulai bergerak meningkatkan mutunya. Ada tiga perguruan Indonesia yang masuk 500 besar dunia,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Tarakan, Kamis (8/6).
 
Pemeringkatan dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia yang dirilis Kamis (8/6) di www.topuniversities.com. QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Universitas Indonesia naik 48 peringkat, dari tahun sebelumnya di posisi 325 sekarang di posisi 277. Institut Teknologi Bandung juga naik di peringkat 331, sedangkan Universitas Gadjah Mada naik menjadi peringkat 402.

Peringkat perguruan tinggi di Indonesia juga lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pada 2016, hanya ada dua universitas di Indonesia yang masuk peringkat 500 besar dunia, yakni UI dan ITB.

Nasir menambahkan hasil pemeringkatan ini menunjukkan kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun. Hasil ini juga membuktikan pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia  dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di luar negeri.


Enam universitas di Indonesia lainnya yang masuk peringkat QS University Ranking adalah: Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Brawijaya.
 
Berikut daftar lengkap 9 universitas Indonesia yang masuk peringkat dunia:
1. Universitas Indonesia
2. ITB
3. UGM
4. Universitas Airlangga
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
6. Universitas Diponegoro
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
9. Universitas Brawijaya.

0 Response to "9 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Rangking Kampus Terbaik Dunia"

Post a Comment