loading...

2.000 Warga Teluk Wondama Siap Ramaikan Gowes Pesona Nusantara

Perhelatan Gowes Pesona Nusantara di Indonesia bagian Timur kini hadir menyambangi Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Daerah yang memiliki luas kurang dari 15 ribu km itu berpenduduk sekitar 25 ribu jiwa. Meski relatif sedikit dan hanya punya satu jalan besar di daerahnya, warga Wondawa antusias menyambut perhelatan ini dengan lebih dari 2 ribu warga siap berpartisipasi dalam acara yang juga bagian dari kampanye Ayo Olahraga dari Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

Hal tersebut diungkapkan oleh I Nyoman Winata selaku Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora. Ajang yang menyita perhatian warga setempat ini akan berlangsung pada Sabtu (10/6) sore waktu setempat di alun-alun Wasior dengan mengambil rute menuju Teluk Wondama dan kembali ke alun-alun. Rully Nere, legenda hidup sepak bola nasional asal Papua juga turut memeriahkan acara tersebut.

 "Gowes Pesona Nusantara dibagian timur Indonesia kini sudah sampai di Kabupaten Teluk Wondama. Meski di wilayah ini penduduknya tak banyak, namun tak mengurangi animo warga setempat untuk menyemarakkan acara ini. Yang terpenting adalah kampanye kita mengajak masyarakat untuk berolahraga tercapai," tutur Dr I Nyoman Winata dalam keterangan persnya.

Seperti halnya Gowes Pesona Nusantara di tempat lain, bagian terpenting dari event ini selain berolahraga adalah mempertebal nasionalisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air. Untuk itu, Nyoman mengatakan jika penyatuan tanah dan air asli Wondama nantinya akan dilakukan langsung di tempat yang dikenal dengan Tanah Peradaban ini. Sebab, Wondama merupakan tempat berdirinya sekolah pertama di Papua pada 1925.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Wondama Bernadus Imburi dan Wakil Bupati Bapak Paulus Indubri yang sangat mendukung kegiatan ini. Skenarionya, Tanah dan Air asli Wondama itu akan diberikan ke pengurus gereja setempat, kemudian diserahkan ke pada Bupati yang kemudian diterima oleh pihak Kemenpora untuk disatukan dengan dari daerah lainnya dan akan dijadikan monumen Tanah Air di Jawa Tengah," kata Nyoman.

Kesiapan gelaran tersebut diungkapkan oleh Paulus Indubri, Jumat (9/6/2017). "Kami bersyukur dan berterima kasih kepada pihak Kemenpora di bawah kepemimpinan Bapak Imam Nahrawi yang menyelenggarakan kegiatan Gowes Pesona Nusantara di Kabupaten Teluk Wondama ini. Dengan digelarnya event ini, kami memiliki harapan besar jika kehidupan masyarakat kami semakin hari akan semakin baik," kata Paulus Indubri.

Ia mengatakan animo serta partisipasi masyarakat disini sangat luar biasa terhadap penyelenggaraan Gowes Pesona Nusantara ini. Pulus percaya kegiatan ini akan semarak karena dengan dihadiri lebih dari 2.000 orang yang melibatkan beberapa komunitas yang ada di daerah ini.  (Republika.co.id)

0 Response to "2.000 Warga Teluk Wondama Siap Ramaikan Gowes Pesona Nusantara"

Post a Comment