loading...

Inilah 10 Wasit Sepak Bola Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Wasit dalam permainan sepak bola tentu ini sangat penting sekali. Bayangkan jika dalam permainan sepak bola ini tanpa adanya wasit, pastinya akan sangat ricuh sekali. Dalam pertandingan sepak bola, biasanya terdapat 4 wasit. Di dalam sebuah pertandingan,1 wasit yang aktif untuk mengambil keputusan di dalam melakukan pertandingan. Kemudian dua hakim garis yang membantunya untuk menjalankan pertandingan, akan  tetapi hanya berada di luar garis lapangan.Wasit yang ke empat yaitu yang menangani hal-hal lain contohnya yaitu seperti mengubah pemain dan kemudian mengumumkan menit ekstra dll. Tahukah Anda kalau ada beberapa wasit sepak bola terbaik di dunia?

Berikut ini referensi untuk Anda 10 wasit sepak bola yang terbaik di dunia, yaitu:

1. Pierluigi Collina

Walaupun dia memulai karir nya sebagai pemain sepak bola yang ada di tim local, akan tetapi dia bisa memahami untuk bakatnya yang tentunya kemudian lebih memilih menjadi wasit. Pertama-tama pierluigi ini menjadi wasit ada di Seri C1 dan C2. Lalu kemudian secara perlahan-lahan dia mulai menjadi wasit di tandang seri A. Kemudian menjadi seri terbesar yang ada di italia setelah diresmikan ada di 43 pertandingan Serie A dia juga termasuk di dalam daftar wasit FIFA.

Turnamen besar yang pertama ditangani oleh Collina yaitu pada Olimpiade 1996 yang  termasuk sebagai pertandingan final antara nigeria melawan argentina. Selanjutnya dia menjadi wasit terbaik sepak bola yang ada pada pertandingan piala dunia 2002 dan pada piala euro 2004. Kemudian setelah itu dia pensiun di umurnya yang ke 45 tahun yang di anggap usia pensiun sebagai wasit resmi dari FIFA.

2. Phil Sharp

Sharp ini merupakan sebagai salah satu wasit yang terkenal saat ini. Secara khusus, ia merupakan  asisten wasit yang terbaik di dunia saat ini. Orang Inggris yang satu ini merupakan seorang pemain sepak bola yang ada di sekolah. Dia pertama kalinya  diperkenalkan dengan adanya referensi melalui Duke of Edinburgh’s Award Scheme yaitu sebagai bagian dari pelayanan yang ada di masyarakat.
Dia juga ditunjuk sebagai wasit yang ada  di pertandingan sepak bola di Liga regional. Ia ternyata menunjukkan potensi untuk bisa menjadi wasit yang terkemuka ada di masa depan. Setelah ia menunjukkan bakatnya pada liga regional dan juga memiliki jabatan di perdana menteri. Dia juga termasuk dalam daftar sebagai wasit FIFA pada tahun 1997. Sharp juga mendapatkan kesempatan tertinggi di dalam karir nya yang ditugaskan pada Piala Dunia di tahun 2002 akhir sebagai asisten wasit.

3. David Arnaldo Coelho Cézar

 


Arnaldo David Cézar Coelho adalah mantan wasit sepak bola terbaik di Dunia. Ia telah memimpin di berbagai pertangdingan kelas bertaraf internasional.

4. Arthur Edward Ellis

Seorang Ellis ini mejadi wasit pada 2 Piala Dunia di dalam karir nya. Ia merupakan sebagai asisten wasit di dunia cup 1950 dan kemudian pada tahun 1954 ia juga sebagai wasit utama.

5. Said Belqola


Wasit dari maroko ini menjadi wasit yang pertama dari afrika. Yaitu untuk menjadi hakim pertandingan di laga final piala dunia pada tahun 1998 antara Brazil vs Perancis. Dia juga terlibat dalam sepak bola internasional yaitu sebagai wasit pada tahun 1993,  akan tetapi di tahun 1998 dia meninggal dunia.

6. Gottfried Dienst

 


Gottfried Dienst merupakan mantan wasit yang terkenal. Dia di tugaskan pada turnamen piala dunia, Wasit dari swiss ini sangat terkenal jika merujuk pada pertandingan final pada Piala Dunia 1966. yaitu pertandingan antara inggris melawan jerman. Dia merupakan sebagai salah satu dari empat wasit yang ada di dunia, yang kini menjadi wasit dua final di Piala Champions Eropa yaitu pada tahun 1961 dan 1965. Kemudian Dia juga sebagai wasit untuk final Kejuaraan di sepak bola Eropa pada tahun 1968.

7. Jack Taylor


Wasit dari Inggris ini terkenal karena ia mengawal pada final Piala Dunia 1972 akhir yaitu antara belanda dan jerman barat. Di dalam karirnya dia di sebut juga sebagai wasit lebih dari 1000 game dan 100 untuk perlengkapan internasional dari 60 negara.

8. John Langenus


Wasit dari Belgia ini merupakan wasit sepak bola pertama yang menjadi wasit pada final Piala Dunia yang ada di turnamen Piala Dunia pertama yaitu pada tahun 1930 antara uruguay melawan argentina.

9. William Ling


Wasit sepak bola ini merupakan sebagai salah satu mantan wasit inggris. Ia juga terkenal telah menjadi wasit yang ada pada pertandingan final Piala Dunia di tahun 1954 antara jerman barat melawan hongaria.

10. Tofik Bakhramov


Asisten wasit Azerbaijan ini terkenal karena memiliki keputusan yang kontroversial dari gol yang ada di final Piala Dunia 1966. Dia juga ditugaskan sebagai asisten wasit untuk pertandingan itu. kemudian pada pertandingan itu Setelah 11 menit dari babak pertama waktu tambahan.

Nah itulah untuk wasit sepak bola terbaik di dunia yang ada, tentunya informasi tersebut bisa menambah referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Inilah 10 Wasit Sepak Bola Terbaik di Dunia Sepanjang Masa"

Post a Comment